Keefektifan Model Pembelajaran RADEC dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA

Siyam Nurmitasari, Anasufi Banawi, Dinar Riaddin

Abstract

Model pembelajaran RADEC merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang masih dikaji penerapannya di sekolah. Kajian penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini (pseudo-experimental design) melibatkan 82 orang yang terdiri dari 3 kelas (Kelas IVA = 29 orang, Kelas IVB = 25 orang, dan Kelas IVC = 28 orang). Berdasarkan teknik random sampling diperoleh kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes deskripsi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata dan uji statistik menggunakan uji-t (independent sample t-test) dan N-gain. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-ekor) = 0,00 < 0,05. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,24 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 68,20. Selanjutnya berdasarkan uji N-gain diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,56 atau berada pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model RADEC dengan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu model pembelajaran RADEC penting diterapkan dalam dunia pendidikan karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

RADEC Learning Model, Students’ Science Learning Outcomes

Refbacks

  • There are currently no refbacks.