Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Circuiit Learning Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup

Ridwan Jusuf, Nurmaya Papuangan, Asri Tamalene

Abstract

Terbatasnya pemahaman guru tentang model pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran Circuit Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan tes. Analisis data yang digunakan adalah dianalisis statistik deskriptif kualitatif yang dinyatakan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus I terdapat 43% siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 62% berada pada kategori baik dan aktivitas guru diperoleh 70% berada pada kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh 86%, aktivitas siswa diperoleh 84% berada pada kategori sangat baik dan aktivitas guru diperoleh 89% berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa sekolah dasar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.