Kemampuan Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah Menggunakan RASCH Model untuk Siswa Kelas IV SD

Ika Fitri Apriani, Rijal Wahid Muharram, Irni Rachmawati, Lilis Susilawati, Ginna Islamati

Abstract

Penelitian ini menggunakan model RASCH untuk memperoleh gambaran kemampuan operasi hitung siswa dalam perkalian dan pembagian bilangan cacah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan cacah pada pembelajaran matematika di sekolah dasar, khususnya pada siswa kelas IV di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar tes yang berisi soal terkait materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pemodelan RASCH, termasuk analisis peta WRIGHT, analisis kesesuaian butir soal, analisis abilitas siswa, analisis scalogram, dan analisis reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami soal operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah. Hal ini terlihat dari tingkat respon siswa yang kurang ideal dan sebaran kemampuan siswa yang rendah. Dengan menggunakan model RASCH, guru dapat meninjau kembali jawaban siswa dan memperoleh gambaran yang lebih akurat tentang kemampuan mereka.

Keywords

perkalian dan pembagian, bilangan cacah, RASCH model

Refbacks

  • There are currently no refbacks.