Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kegiatan Ekonomi Penduduk dalam Mata Pelajaran IPS

Dara Dewi, Yunus Abidin, Ai Sutini

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing (2) pelaksanaan metode role playing dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode role playing dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SD Negeri 1 Karamat Wangi dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya ialah (1) perencanaan penggunaan metode role playing berupa penyusunan RPP, LKS, LKK, lembar evaluasi, lembar observasi, media, dan lembar angket; (2) pelaksanaan metode role playing berlangsung secara efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa; (3) penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor.

Keywords

Metode Pembelajaran, Role Playing, Hasil Belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.