Upaya Meningkatkan Minat Belajar dan Keterampilan Mendeskripsikan Alam Melalui Metode Gallery Walk Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Khairun Nisa, Tita Mulyati, Dede Kurniawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan (1) minat belajar setelah diterapkannya metode gallery walk, (2) keterampilan menulis paragraf deskripsi setelah diterapkannya metode gallery walk. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari prosedur perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya ialah siswa kelas 5 yang terdiri dari 21 orang. Sedangkan instrumen penelitiannya berupa tes, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya ialah (1) metode gallery walk dapat meningkatkan minat belajar siswa; (2) metode gallery walk dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa.

Keywords

Minat Belajar, Keterampilan Mendeskripsikan, Metode Gallery Walk

Refbacks

  • There are currently no refbacks.