Analisys of Utilization of Children’s Story Books (Animals and The Environment) in Learning to Draw Illustrations

Rismawati Rismawati, Cece Rakhmat, Dian Indihadi

Abstract

Proses pembelajaran tanpa media menyebabkan siswa kesulitan dalam membentuk imajinasinya sehingga pengembangan kreativitas anak terhambat. Hal ini mendorong peneliti untuk mengkaji pemanfaatan buku cerita anak terhadap pembelajaran menggambar ilustrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan buku cerita anak sebagai media dalam pembelajaran menggambar ilustrasi siswa Sekolah Dasar. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Deudeul Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pegumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan adanya pemanfaatan buku cerita anak dalam pembelajaran menggambar ilustrasi di Sekolah Dasar Negeri Deudeul Tasikmalaya. Temuan lain yang diperoleh dari dokumentasi evaluasi pembelajaran menunjukkan data penilaian yang dilakukan terhadap hasil gambar ilustrasi dari 40 siswa kelas 5 dengan persentase dan kategori 10% cukup, 57.5% baik, dan 32.5 sangat baik. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan cerita anak layak digunakan pada pembelajaran menggambar ilustrasi. Temuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan buku ajar lebih lanjut.

Keywords

pemanfaatan buku, cerita anak, menggambar ilustrasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.