Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Dalam Menggunakan Model Problem Based Learning Melalui Supervisi Akademik

Teni Marliyani, Dede Irianto, Prihantini Prihantini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari keinginan untuk memperbaiki mutu kinerja guru dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu kinerja yang dapat dilihat adalah ketika pembelaaran di kelas. Kondisi saat ini pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning. Metode pembelajaran ini dianggap akan berpengaruh positif pada saat pembelajaran di kelas, terutama untuk peserta didik. Dalam pelaksanaannya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTs) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Subjek penelitian guru-guru yang ada di SD Negeri Buniasih. Hasil dari penelitian ini terdapat peningkatan yang signifikan setelah dilakukan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah pada saat siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa saran yang hendak disampaikan, antara lain: (1) guru diharapkan dapat mencoba mengkaji dan mengimplementasikan model pembelajaran tersebut tentang pokok bahasan lainnya pada pembelajaran di kelas dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran

Keywords

Metode Pembelajaran, PBL, Supervisi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.