Model Problem Based Learning Bernuansa Jelajah Alam Sekitar Terhadap Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Pemecahan Masalah IPAS Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa membangun pengetahuannya sendiri dalam belajar di lingkungan alam terbuka masih rendah, sehingga harus diperbaiki dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis sikap peduli lingkungan dan kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Metode eksperimen yang bertujuan untuk meneliti kemungkinan sebab akibat dengan menggunakan satu atau lebih kondisi perlakuan kepada siswa. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen pengumpulan data, yaitu instrumen tes dan non tes, pengolahan data menggunakan spss melalui Uji Peningkatan / Paired Sample t-test. Penelitian ini memberikan bukti bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah pasa siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV mata pelajaran IPAS tentang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran PBL yang mengadopsi konsep jelajah alam sekitar memakan waktu, sehingga guru harus mempertimbangkan pemilihan waktu yang tepat untuk bahan ajar agar berkesesuaian dengan tahapan model pembelajaran yang di terapkan. Penelitian terkait model PBL masih belum lengkap, karena peneliti belum mengevaluasi atau mengamati semua indikator peduli lingkungan pada siswa. Temuan ini berfungsi sebagai refrensi untuk pekerjaan penelitian lebih lanjut selama pengembangan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.