Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDIT Atikah Musadad

Deden Muhamad Romdhon, Syarip Hidayat, Sima Mulyadi

Abstract

Kesulitan guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran menyebabkan menurunya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini ada 26 siswa kelas V SD IT Atikah Musadad. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket minat belajar dan data hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu regresi sederhana dan ganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar dan hasil belajar saling mempengaruhi. Terjadi korelasi positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajarĀ  siswa yang memperoleh rhitung > rtabel (0,864 > 0,404). Jadi, ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD IT Atikah Musadad. Hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat, khususnya pada pembelajaran matematika.

Keywords

Minat belajar, Matematika, Prestasi Belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.