Analysis of the Difficulty of Reading Javanese School in Class V Students at MI Muhammadiyah Sraten Sukoharjo

Suprapti Suprapti, Kurnia Salis Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai kesulitan membaca cerpen yang dialami siswa kelas V MI Muhammadiyah Sraten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas V dan guru bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V MI Muhammadiyah Sraten Sukoharjo mengalami beberapa jenis kesulitan dalam membaca cerpen, antara lain kesulitan menyuarakan materi tertulis, kesulitan memahami makna, kesulitan menggabungkan bunyi huruf menjadi kata yang bermakna, dan kesulitan dalam kecepatan membaca lambat. Kesulitan siswa dalam membaca naskah disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor internal yaitu faktor internal (antara lain: kurangnya minat belajar membaca bahasa jawa, sulit konsentrasi) dan faktor eksternal (antara lain: kurangnya pendampingan dari orang tua, kreatifitas guru). .Dengan demikian, disimpulkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam membaca naskah meliputi: kesulitan menyuarakan materi tertulis, kesulitan memahami makna, kesulitan menggabungkan bunyi huruf menjadi kata yang bermakna, dan kesulitan membaca kecepatan lambat yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

Keywords

Kesulitan Membaca Berbicara, Bahasa Jawa, Pelajar, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.