Pengembangan Media Puzzle Bilangan untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian di Sekolah Dasar

Esi Yuni Sahara, Linda Vitoria, Ahadin Ahadin

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering terasa sulit atau berat bagi siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai. Di dalam tulisan ini dijabarkan tahapan pengembangan media Puzzle Bilangan, yaitu media pembelajaran matematika untuk pembelajaran materi perkalian dan pembagian bagi siswa kelas II. Tahapan pengembangan berdasarkan model Plomp yang terbagi ke dalam tiga phase yaitu studi preliminary, development, dan assessment. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan tes. Subjek penelitian meliputi 40 siswa kelas 2 SD Negeri 28 Banda Aceh. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Puzzle Bilangan memenuhi kriteria valid, kriteria praktikal, dan efektif. Dengan demikian maka disimpulkan bahwa media Puzzle Bilangan layak atau sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran materi perkalian dan pembagian di kelas II. Penelitian ini mengimplikasikan urgensi penggunaan media dalam pembelajaran matematika bagi siswa SD. Maka dari itu disarankan agar guru untuk menggunakan media yang sesuai dalam pembelajaran matematika.

Keywords

media pembelajaran; perkalian; pembagian; matematika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.