Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Konteks Budaya Lokal pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar

Lian Aulia Kurnia Ramadanti, Rosiana Mufliva, Intyas Ayuningrum, Egina Mufrikha Ira Hanifah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan bahan ajar dan pengaitan pembelajaran matematika dengan budaya lokal masih belum dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan konteks budaya lokal pada materi bangun ruang khususnya kubus yang valid dan layak. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2022 bertempat di salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D) serta model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 langkah, yaitu: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan 4) penyebaran (disseminate). Namun, pada tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dalam penelitian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa LKPD berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan konteks budaya lokal berada pada kategori sangat baik atau layak untuk digunakan oleh siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi memperoleh kriteria baik dengan persentase 75%. Untuk penilaian dari praktisi dan siswa masing-masing memperoleh nilai 92% dan 85% dengan kriteria sangat baik. Serta memperoleh rata-rata nilai 84%, yaitu pada kategori sangat baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan RME dengan konteks budaya lokal dapat digunakan untuk membantu siswa memahami materi bangun ruang khususnya kubus di kelas 6 SD.

Keywords

lkpd, realistic mathematics education (RME), budaya lokal

Refbacks

  • There are currently no refbacks.