Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Dengan Menggunakan LKPD Berbantuan Media Kantong Perkalian Matematika

Agus Lina Silvia, Rosiana Mufliva, Asyifa Nurjannah, Ava Tiara Cahyaningsih

Abstract

Penelitian ini mengembangkan LKPD dan media pembelajaran kantong perkalian matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jenis penelitian yang digunakan adalah desain dan pengembangan (Design and Development) dengan model 4D, namun yang digunakan dalam penelitian ini hanya 3 tahapan yaitu define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2022 di SD Pardomuan Bandung. Teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara dan angket, sedangkan untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD dan media pembelajaran kantong perkalian matematika bidang kajian pemahaman konsep perkalian matematika ini layak digunakan dengan uji validasi menunjukkan presentase sebesar 86% menurut ahli materi dan ahli media. Sedangkan respon siswa menunjukkan bahwa LKPD dan media pembelajaran bidang kajian pemahaman konsep perkalian matematika ini presentasenya sebesar 87%. Simpulan dari ini penelitian ini menyatakan bahwa LKPD dan media pembelajaran kantong perkalian matematika ini dapat digunakan untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran materi pemahaman konsep perkalian matematika.

Keywords

perkalian, lkpd, media pembelajaran

Refbacks

  • There are currently no refbacks.