Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Materi Pengukuran Satuan Panjang di Kelas III Sekolah Dasar

Annisa Shabrina, Rosiana Mufliva, Willy Resminawati, Wiwid Nur Eni

Abstract

Kurangnya pemahaman konsep pada materi pengukuran satuan panjang  dapat menyebabkan peserta didik kesulitan dalam mengukur benda, menentukan alat ukur yang tepat, menemukan hubungan antar satuan baku panjang, dan menerapkan konsep pengukuran satuan panjang dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Berbasis Discovery Learning sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep pada peserta didik khusus pada materi pengukuran satuan panjang. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Design and Development (D&D) dengan model pengembangan PPE (Product Development). Model ini terdiri dari tiga langkah, yaitu 1) Perencanaan, 2) Produksi, dan 3) Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan data kuantitatif menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Discovery Learning pada materi satuan panjang ini masuk ke dalam kriteria sangat layak untuk digunakan dengan persentase sebesar 92% menurut ahli materi, 86% menurut praktisi pembelajaran, 100% menurut ahli media dan 99% menurut respon peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa LKPD Berbasis Discovery Learning pada materi Pengukuran Satuan Panjang ini layak digunakan untuk membantu peserta didik dalam memahami materi Pengukuran Satuan Panjang di kelas 3 SD.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.