Pengembangan Media Interaktif “Tantangan Mystery Box” Materi Luas Bangun Datar untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2022 di SDN Kabupaten Bandung kepada siswa kelas III menunjukkan hasil, tidak semua siswa menguasai materi bangun datar. Rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun datar tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan cara konvensional dalam mengajarkan materi bangun datar. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif “Tantangan Mystery Box” materi luas bangun datar untuk siswa kelas III sekolah dasar serta untuk memperoleh gambaran mengenai kelayakan dan respon siswa terhadap media interaktif “Tantangan Mystery Box”. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) penerapan, dan 5) evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui, validasi ahli dan penilaian siswa. Hasil pengembangan menunjukan bahwa media interaktif “Tantangan Mystery Box” ini layak untuk digunakan dengan presentase sebesar 85,25% dengan kategori sangat layak menurut ahli materi, presentase sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak menurut ahli desain, presentase sebesar 86,6% dengan kategori sangat layak dari hasil uji terbatas siswa, serta presentase sebesar 88,03% dengan kategori sangat layak dari praktisi pengajar. Simpulan dari pengembangan ini adalah media interaktif “Tantangan Mystery Box” layak digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi khususnya luas bangun datar persegi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.