Pengaruh Project Based Learning dengan Metode Design Thinking Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Idam Ragil Widianto Atmojo, Roy Ardiansyah Ardiansyah, Gloria Gloria

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan metode Design Thinking terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Laweyan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan satu kali tes. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes deskripsi. Analisis validitas dan normalitas data menggunakan korelasi product moment dan Uji Kolmogorov-Smirnov melalui aplikasi SPSS 16.0 for windows. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi-experimental yang diterapkan pada Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji regresi linier sederhana pada aplikasi SPSS 16.0 diperoleh nilai signifikansi (2-talled) sebesar 0,025 < 0,05 menunjukkan bahwa ada pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan metode Design Thinking terhadap keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil nilai signifikansi tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Metode Design Thinking berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA kelas IV SD di Kabupaten Laweyan” diterima.

Keywords

Pembelajaran Berbasis Proyek, keterampilan berpikir kreatif, pemikiran desain, sekolah dasar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.