Kelayakan Integrasi Penanaman Nilai Karakter Siswa dalam Pengembangan Buku Pedoman di Sekolah Dasar

Myrna Apriany Lestari, Yani Fitriyani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan kelayakan integrasi penanaman nilai-nilai karakter dalam buku pedoman di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model Borg & Gall yang terdapat sepuluh langkah disederhanakan menjadi tiga langkah, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, (3) pengujian dan diseminasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SDN Gewok. Keabsahan data diperoleh melalui validitas konstruk menggunakan expert judgement oleh 2 ahli Pendidikan, analisis menggunakan indeks Aiken. Berdasarkan hasil penilaian uji kelayakan menggunakan Aiken’s V yang dilakukan pada setiap indikator didapat rerata skor yaitu 0,87, koefisien yang cukup tinggi untuk setiap indikator dalam integrasi penanaman nilai karakter siswa pada buku pedoman di Sekolah Dasar. Hal ini menunjukan bahwa integrasi penanaman nilai karakter siswa pada buku pedoman yang telah dikembangkan menghasilkan tingkat validitas yang sangat tinggi. Kesimpulannya bahwa produk integrasi penanaman nilai karakter siswa pada buku pedoman yang dikembangkan dikategorikan sangat layak digunakan, sehingga buku pedoman dapat menjadi suplemen dalam penanaman nilai karakter siswa di sekolah dasar. Disarankan buku pedoman ini perlu dilakukan uji coba dalam skala lebih luas supaya mendapat nilai kelayakan yang lebih tinggi untuk menerapkan produk integrasi penanaman nilai karakter siswa pada buku pedoman.

Keywords

Buku Pedoman; Integrasi Penanaman Nilai Karakter; Kelayakan; Sekolah Dasar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.