Pengaruh Alat Peraga Alat Gerak Sendi ParaBola terhadap Literasi Sains kelas V

Tri Suryaningsih, Shafira Nur Maulida

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh alat peraga terhadap kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA materi Alat Gerak Manusia di kelas V SDI Al Falah III Pagi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Kuasi eksperimen ini merupakan salah satu metode penelitian yang kerap digunakan pada penelitian yang berhubungan dengan pendidikan yang mana dalam metode ini biasanya sampel minimal dibagi menjadi dua yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Desain penelitian menggunakan posttest-only control group design. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling, yaitu peserta didik kelas V di SDI Al Falah III Pagi yang berjumlah total 37 peserta didik yang mana dibagi menjadi dua yaitu 19 peserta didik berada dalam kelas kontrol yaitu kelas VA dan 18 peserta didik berada dalam kelas eksperimen yaitu kelas VB. Penelitian dilakukan pada tahun 2022 pada bulan September-November. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang valid dan reliabel. Analisis data statistic menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan, didapatkan nilai sig. 2-tailed = 0,000 yang mana lebih kecil dari α, yaitu α=0,05. Artinya alat peraga memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik.

Keywords

alat peraga, literasi sains, pengaruh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.