Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menyusun Kisi- Kisi Soal Pilihan Ganda Melalui Supervisi Akademik Dengan Metode In- House Training
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mensdeskripsikan implementasi supervisi akademik dengan metode In- House Training dalam menyusun kisi- kisi soal pilihan ganda 2) mendeskripsikan peningkatan kompetensi pedagogik guru SD Negeri 1 Selorejo dalam menyusun kisi- kisi soal pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah (PTS). Berdasarkan paparan data, hasil temuan, dan pembahasan hasil penelitian tentang kegiatan supervisi akademik, maka dapat disimpulakan sebagai berikut: Pertama rata- rata skor peningkatan kompetensi guru dalam menyusun kisi- kisi soal pilihan ganda pada siklus I dengan persentase ketercapaian sebesar 79%. Kedua frekuensi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun kisi- kisi soal pilihan ganda pada siklus II dengan persentase ketercapaian 86%. Ketiga pada siklus II terjadi peingkatan kompetensi guru dalam menyusun kisi- kisi pilihan ganda sebesar 26% jika dibanding pada prasiklus. Penyusunan kisi- kisi soal pilihan ganda oleh guru dengan kategori sangat baik dengan pencapaian persentase 96% sebanyak 1 guru dan 7 guru dengan kategori baik (B) pada interval skor 76%- 90%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.