Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian Berbasis K-13 Melalui Supervisi Akademik

Mukh Saeful Amri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik dalam menyusun administrasi penilaian; 2) mendeskripsikan peningkatan kompetensi pedagogik guru SD Swasta Alam Ar-Rohmah Dau dalam menyusun administrasi penilaian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah (PTS). Berdasarkan paparan data, hasil temuan, dan pembahasan hasil penelitian tentang kegiatan supervisi akademik, maka dapat disimpulakan sebagai berikut: Pertama rata- rata skor peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun administrasi penilaian pada siklus I sebesar 79,5 dengan persentase ketercapaian 79,6%. Kedua frekuensi peningkatan kompetensi pedagodik guru dalam menyusun administrasi penilaian dalam siklus II pada rata- rata skor mencapai 85.6 dengan persentase ketercapaian 85.5%. Ketiga pada siklus II sebanyak 1 guru mampu menyusun 12 aspek administrasi penilaian dengan kategori sangat baik (96%), dan 8 guru dengan kategori baik (B) pada interval skor 76%- 90%.

Keywords

kompetensi pedagogik, administrasi penilaian, supervisi akademik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.