Pengalaman Mentor dalam Memberikan Umpan Balik Efektif selama Program Pengembangan Profesi untuk Guru EFL

Eric Dheva Tachta Armada, Nur Arifah Drajati, Sumardi Sumardi

Abstract

Mentoring bisa dibilang sebagai hal yang penting, namun sedikit yang diketahui tentang perilaku Mentor khususnya terkait umpan balik mentor yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi unsur-unsur umpan balik mentor berdasarkan lensa Darling-Hammond. Narrative inquiry dipilih sebagai desain penelitian ini dan purposive sampling digunakan untuk merekrut tujuh mahasiswa pascasarjana dari sebuah universitas negeri. Sudah menjadi hal yang sangat umum bahwa mentor ketika mereka memberikan umpan balik, mereka harus memiliki elemen pokok agar dapat disebut dengan umpan balik yang efektif. Analisis isi konvensional dilakukan dengan menggunakan kategori pengkodean yang diturunkan langsung dari data dan didukung oleh literatur. Dua tema utama yang menggambarkan komponen pokok dari umpan balik yang efektif untuk mentor adalah 1) kapasitas untuk mengevaluasi 2) memberikan umpan balik positif dan konstruktif. Setiap tema menggambarkan perilaku spesifik antara mentor dan mentee dan kualitas diri yang diinginkan dari mentor dan mentee. Dari temuan tersebut dapat menjadi bahan dialog antara Mentor – Mentee untuk mengevaluasi dan memodifikasi Pengembangan Profesi Guru yang akan datang ke tingkat yang lebih efektif.

Keywords

Inovasi Berbasis Teknologi, Mahasiswa Pascasarjana, Narrative Inquiry, Pengembangan Profesi Guru

Refbacks

  • There are currently no refbacks.