Augmented Reality for Teaching Cell Materials in Biology for Undergraduate Students
Abstract
Kemajuan teknologi dalam Biologi diperlukan untuk memvisualisasikan materi sel yang tidak
dapat dilihat dengan panca indera langsung. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Mengidentifikasi
problematika dalam pembelajaran materi sel bagi mahasiswa. (2) Menjelaskan media
pembelajaran dalam materi sel pada Biologi. (3) Menguraikan manfaat augmented reality dalam
pembelajaran Biologi bagi mahasiswa. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan grounded theory. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,
observasi dan wawancara. Hasil penelitian antara lain: (1) Problematika dalam pembelajaran
materi sel diantaranya: keaktifan dalam berdiskusi kurang baik dan materi perlu
divisualisasikan. (2) Media augmented reality mencakup tiga menu utama yaitu: materi, bantuan
dan quiz. (3) Manfaat media augmented reality berbasis smartphone antara lain: meningkatkan
motivasi belajar, pemahaman materi serta kosakata sains, keaktifan dalam diskusi dan
kemampuan berpikir kritis. Diharapkan dosen Biologi menggunakan media pembelajaran
augmented reality untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami pelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.