Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bermedia Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman

Feby Melaniawati, Sandi Budiana, Yuli Mulyawati

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning bermedia video pembelajaran terhadap hasil belajarĀ  subtema bersyukur atas keberagaman pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nenggewer 01 Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Populasinya terdiri dari kelas IV-A dan IV-B yang terdiri dari 58 orang. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan di setiap kelompok kelasnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes kelampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (posttest). Analisis data yang dilakukan dengan uji n-gain, uji normalitas, dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis (uji t). hasil analisis data diperoleh t-hitung (4,907) > t-tabel (2,0034) untuk signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar. Penggunaan metode eksperimen kuasi ini dapat emningkatkan kreativitas guru dalam pembelajran serta meningkatkan keaktifan siswa sehingga hasil belajar dapat meningkat.

Keywords

Hasil Belajar ; Problem Based Learning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.