Pengaruh Interaksi Sosial Peserda Didik dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya

Widya Oktaviani, Wawan Syahiril Anwar, Santa Santa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi sosail peserta didik dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 2 Bogor. Metode yang digunakan adalah metode Kuantitatif dengan pendekakatan studi kausal, untuk pengumpulkan data dilakukan dengan wawancara, mengedarkan angket kuisioner dan test. Data tersebut diambil melalui sampel penelitian peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 2 dengan sampel sebanyak 46 siswa. berdasarkan analisis stastistik dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar sebesar 0,528, dengan koefisien determinasi 27,8%. Hal ini berarati penaikan atau penurunan hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya dipengaruhi oleh interaksi sosial peserta didik dalam pembelajaran sebesar 27,8%. Sedangkan sisanya 72,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Setiap kenaikan satu unit interaksi sosial peserta didik dalam pembelajaran menyebabkan kenaikan hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya sebesar 0,528 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial peserta didik dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 2 Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022.

Keywords

Interaksi sosial, hasil belajar,

Refbacks

  • There are currently no refbacks.