Pengaruh Model Scientific Reading Based Project Terhadap Jiwa Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal dan Kemampuan Berkomunikasi
Abstract
Komunikasi merupakan salah satu implementasi terpenting pada nilai-nilai kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Scientific Reading Based Project (SRBP) terhadap jiwa kewirausahaan berbasis potensi lokal dan kemampuan berkomunikasi bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah the static group pretest-posttest experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI se- gugus Kartini. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Mangunweni dan 3 Mangunweni. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi dokumentasi dari nilai kelas sebelumnya. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes berupa soal uraian dan instrumen non tes berupa angket. Uji normalitas dilakukan dengan kolmogorof-smirnov sedangkan uji homogenitas dengan uji Levene. Uji lanjut dengan ANOVA dangan perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-test jiwa kewirausahaan yang mengalami peningkatan sampai pada kategori tinggi sebanyak 35% dan kategori sangat tinggi sebanyak 5%. Kemampuan komunikasi pada hasil post-test sebagian besar dengan kategori tinggi sebanyak 60%. Selain itu, terdapat perbedaan peningkatan jiwa kewirausahaan berbasis potensi lokal dan kemampuan berkomunikasi sesudah penggunaan model SRBP bagi siswa kelas VI sekolah dasar, dengan nilai sginifikansi sebesar 0,042 dan 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Keywords
Jiwa kewirausahaan, kemampuan komunikasi, model SRBP
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.