Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Karakter dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen

Ririn Setyaningsih, Kartika Chrysti Suryandari, Sri Tatminingsih

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan karakter (penguatan pendidikan karakter) siswa dan keterampilan menulis narasi siswa yang belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bercerita terhadap Karakter (Penguatan Pendidikan Karrakter) dan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III B Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen sebagai kelompok eksperimen dan semua siswa kelas III A Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan tes. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan Uji MANOVA. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode bercerita terhadap karakter (penguatan pendidikan karakter) siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen; (2) Ada pengaruh yang signifikan metode bercerita terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen; dan (3) Ada pengaruh yang signifikan metode bercerita terhadap karakter (penguatan pendidikan karakter) siswa dan keterampilan menulis narasi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen.

Keywords

Metode Bercerita, Karakter (Penguatan Pendidikan Karakter), Keterampilan Menulis Narasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.