Penyusunan Videoscribe sebagai Media Pembelajaran Biologi SMA Kelas XII Materi Pertumbuhan dan Perkembangan

Anis Habibah, Zuchrotus Salamah

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas media pembelajaran videoscribe yang dikembangkan pada pembelajaran  biologi SMA materi pertumbuhan dan perkembangan, mengetahui pengaruh nutrisi AB-Mix dan konsentrasi nutrisi yang memberikan pengaruh paling baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat hidroponik. Penelitian dilaksanakan tiga tahapan. Pertama, penelitian eksperimen didapatkan dari pelaksanaan MBKM mengenai pengaruh nutrisi AB-Mix terhadap tanaman tomat, menggunakan metode eksperimen 4 perlakuan kontrol, konsentrasi 0,01%, 0,02%, dan 0,03%. Parameter diukur yaitu tinggi tanaman, panjang anak daun, jumlah anak daun, dan panjang akar. Data dianalisis menggunakan analisis varian (ANOVA). Kedua, dilakukan analisis potensi hasil penelitian biologi pengaruh nutrisi AB-Mix terhadap tanaman tomat sebagai sumber belajar biologi. Ketiga, Penyusunan videoscribe berdasarkan hasil penelitian eksperimen dengan model pengembangan ADDIE, namun tidak sampai tahap implementasi. Hasil penelitian pemberian konsentrasi nutrisi AB-Mix tidak terdapat perbedaan nyata terhadap pertumbuhan tomat hidroponik, tetapi tetap memberikan pengaruh terhadap tinggi tanaman, panjang anak daun, jumlah anak daun, dan panjang akar, serta konsentrasi yang memberikan pengaruh paling baik pada konsentrasi 0,03%. Penilaian videoscribe menurut ahli media 84,38% (Sangat Layak) dan menurut ahli materi 95,83% (Sangat Layak).

Keywords

hidroponik, nutrisi AB-Mix, tomat, videoscribe

Refbacks

  • There are currently no refbacks.