Pengembangan Media Pembelajaran Rara Storytelling Berbasis Multiliterasi untuk Melatih Keterampilan Berbahasa Reseptif di SD

Rina Yuliana, Indhira Asih V.Y, Encep Andriana, Siti Multifah, Wisla Wulandari

Abstract

Kemampuan berbahasa reseptif siswa sekolah dasar masih tergolong kurang, hal ini disebabkan kurangnya penggunaan atau kurangnya media pembelajaran yang menarik, sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Rara Storytelling berbasis multiliterasi untuk melatih keterampilan berbahasa reseptif di SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkah 1) analisis masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi produk, 6) uji coba produk terbatas. Media pembelajaran Rara Storytelling berbasis multiliterasi merupakan media pembelajaran yang didesain untuk membantu peserta didik meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif. Media ini berbasis aplikasi android yang di dalamnya memuat materi, teks bacaan cerita,video pembelajaran, dan evaluasi yang dikemas secara menarik dan dapat digunakan dengan mudah oleh peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Rara Storytelling berbasis multiliterasi “Sangat Layak” digunakan pada pembelajaran kelas IV SD. Sedangkan analisis respons siswa menunjukkan persentase sebesar 92,49%, hal ini menunjukkan ke dalam kriteria “Sangat Baik”. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak dan menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran berbasis multiliterasi untuk melatih keterampilan berbahasa reseptif di SD.

Keywords

Media Pembelajaran, Rara Storytelling, Berbasis Multiliterasi, Keterampilan Berbahasa Reseptif

References

Asela, Saas. dkk. 2020. Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1297-1304. Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. 2018. Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 50-55. Hafidz, Muhammad,. & Masriyah. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Pembelajaran Permutasi dan Kombinasi. KREANO: Jurnal Matemaika Kreatif-Inovatif, 11(2), 126-135. Hermansyah, Agus Kichi. dkk. 2017. Desain Pembelajaran Berbicara Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Kemanusian Melalui Bermain Peran. Jurnal Edukasi, IV(1), 38-42. Muttaqin, H.P.S. dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1-15. Prihatini, Arti dan Sugiarti. 2020. Pembelajaran Multiliterasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding SENASBASA: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1). 450 Rosidah, Cholifah Tur. 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 38-43. Sari, Nila. & Indri Anugraheni. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 6 Subtema 1 Di Sekolah Dasar. JGK: Jurnal Guru Kita, 5(2), 33-43. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Widjayanti, W. R. dkk. 2018. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101-112. Widiastika, Milda Asti. dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal: Basic Edu, 5 (1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.