Implementasi Teori Humanistik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Sekolah Dasar

Sayyidah Fatimah Azzahra, Hanan Salsabila Maulana, Puri Pramudiani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan pembelajaran dengan menggunakan teori humanistik di sekolah dasar khususnya di kelas bawah dimana proses belajar mengajarnya hanya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana guru dapat mengintegrasikan pembelajaran tematik terpadu ke dalam teori humanistik. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Target penelitian ini adalah guru kelas 3 di salah satu sekolah dasar negeri di daerah Banten. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru belum sepenuhnya menggunakan teori pembelajaran humanistik, tetapi lebih menitikberatkan pada pengembangan karakter peserta didik dengan mengajari mereka bagaimana bersosialisasi dengan baik di lingkungannya dan memberikan pembelajaran yang nyaman bagi peserta didik dengan memberikan keleluasaan untuk menghasilkan keterampilan berinteraksi di kelas, sehingga peserta didik memiliki pengalaman belajar yang berharga dan memiliki kesempatan untuk menjadi lebih kreatif dalam memahami materi pembelajaran.

Keywords

Teori Humanistik; Kemampuan Berpikir Kreatif; Tematik Terpadu.

References

Arbayah. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu, 13(2), 204–220. Bland, A. M., & DeRobertis, E. M. (2019). Humanistic Perspective. In Encyclopedia of Personality and Individual Differences (pp. 1–19). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8_1484-2 Cahyaningsih, R., & Asikin, M. (2015). Komparasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan pembelajaran matematika humanistik dan problem based learning dalam setting model pelatihan innomatts. Jurnal Nalar Pendidikan, 3(1). Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8 Dewi Mardhiyana, & Octaningrum, E. (n.d.). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Dr. Yenny Suzana, M. P., & Imam Jayanto, S. F. M. S. (2021). TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN. Literasi Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=cyYvEAAAQBAJ Ekawati, M., & Yarni, N. (2019). TEORI BELAJAR BERDASARKAN ALIRAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASI PADA PROSES BELAJAR PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2). https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.482 Fardah, D. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. 3(September). Firdausi, Y. N., & Asikin, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEA ). FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang Usiyusrotin@gmail.Com, 1, 239–247. Handayani, M. (2017). PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013. Journal At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 15(1), 150–165. Munawaroh I, M. P. (2019). Modul 1: Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pembinaan GTK Paud Dan Dikmas. Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33. Qodir, A. (2017). TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pedagogik, 04(02). Saputri, S. (2021). Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid 19. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 60. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.427 Sarnoto, A. Z., & Muhtadi, M. (n.d.). PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. In Journal of Islamic Educatioan | (Vol. 21). Sulaiman, S., & S, N. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.118 Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142 Yulia Sari, S., Nugroho Dwi, A., & Purnama, D. M. (2021). Optimalisasi kompetensi guru & peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar dari rumah [19]. 1(Pgsd), 19–26. Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2). https://doi.org/10.24036/8851412020171264 Yunita, Y. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF SISWA. Jurnal Dewantara, VI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.