Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Kelas IV Sekolah Dasar

Arifin Muslim, Dwi Diah Lestari, Sony Irianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil prestasi belajar  peserta didik yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan design Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A berjumlah 20 siswa dan kelas IV B berjumlah 20 siswa. Pada kelas A sebagai kelas kontrol menggunakan penerapan pembelajaran dengan model konvensional dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen menggunakan penerapan pendekatan Open-Ended. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk uraian yaitu pretest dan post test dengan soal berbentuk HOTS (Higher Order Tinking Skill) dan. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka di peroleh thitung sebesar 2,92. Sedangkan 𝑡tabel  dengan db= 𝑛1+ 𝑛2 − 2 = 20+20-2 =38 dan taraf signifikan 0,05 adalah 2,024. Hal ini berarti thitung lebih besar dari 𝑡tabel  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan Open-Ended terhadap prestasi belajar matermatika berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di kelas IV Sekolah Dasar.

Keywords

prestasi belajar, pendekatan open-ended, higher order thingking skill

References

Agustian, E, Atep & Yani. 2015. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Mimbar Sekolah Dasar. 2(2). Al-absi, M. 2013. The Effect of Open-ended Tasks –as an assessment tool- on,Fourth Graders’ Mathematics Achievement, and Assessing Students’ Perspectives about it. Jordan Journal of Educational Sciences. 9(03). Arifin, Z. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Ariyana, K, dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Candrayanti, L, Wayan & Made. 2016. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Kelas IV Di Gugus IIIKabupaten Bangli. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.4(01). Hamzah, A dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali. Hidayati, A Ulfah (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 4(2). Jailani, dkk. 2018. Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skill. Yogyajarta: UNY PRESS. Mihajlović. 2015. Using Open-Ended Problems And Problem Posing Activities In Elementary Mathematics Classroom. The 9th International MCG Conference Sinaia. Musrikah. (2018). Higher Order Thingking Skill (Hots) Untuk Anak Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Perempuan dan Anak-anak.2(2). Nasution, M. 2013. Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika. Forum Pedagogik. 5(01). Pariasa, K, Ni & Gusti. 2015. Pengaruh Pendekatan Masalah Terbuka (OpenEnded) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VII Kec. Tejakula, Tahun Pelajaran 2013/2014. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1). Rahmawati. 2016. Seminar Hasil Penilaian TIMSS 2015. [online] Tesedia: https/puspendik.kemendikbud.go.id. (3 Maret 2019). Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. Sani, R A. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Tangerang: Tira Smart. Schleicher, A. 2015. Programme For International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2015. Tersedia [online]: https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf. (20 Maret 2019). Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Solikhah, Z, Tri & Wikan. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa.JES-MAT. 4(1). Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suherman, E. 2005. Model Pembelajaran Open Ended. Educare. 3(1) Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.Jakarta: PT Bumi Aksara. Widiastuti, Y dan Ratu Ilma Indra Putri. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika. 12(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.