Penerapan Model Discovery Learning Berbantu LKS terhadap Peningkatan HOTS Siswa sebagai Solusi Tantangan di Era Society 5.0

Fadhilah Khairani, Nelly Astuti, Loliyana Loliyana, Desi Rohmawati, Annisa Yulistia

Abstract

Tujuanapenelitian ini adalah untuk mengetahuiapengaruh penerapan model discovery learning berbantu LKS (Lembar Kinerja Siswa) untukameningkatkan HOTS (High Order Thingking Skills) siswa. Jenismpenelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen non-equivalent control group design. Sampel dalamapenelitian ini berjumlah 39 siswa kelas IV sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes untuk mengukur HOTS siswa dan lembar observasi untuk melihat keberhasilan pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan LKS. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan data nontes dianalisismsecaraadeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung 7,53 > F tabel 4,45, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan LKS berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan HOTS siswa.

Keywords

discovery learning, LKPD, high order thinking skills, era society 5.0

References

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan. Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada. Bahtiar, B., & Dukomalamo, N. (2019). Basic science process skills of biology laboratory practice: improving through discovery learning. Biosfer, 12(1), 83–93. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n1.83- 93 Dewi, P. I. A. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Pembentukan Karakter Siswa yang Berorientasi Higher Order Thinking (HOTS) di Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 173–178. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.ph p/edukasi/article/view/922 Frydenberg, M. E., & Andone, D. (2011). Learning for 21st Century Skills. IEEE’s International Conference on Information Society, 314–318. Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi 2019, 562– 569.https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438 Handayani, N. N. L., Muliastrini, N. K. E., Gotama, P. B. A. P., & Karnitawati, N. M. (2021). Pembelajaran Era Disrupsi Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Jurnal Lampuhyang, 12(1), 79–91. https://e-journal.stkip- amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/252 Irmawati, R. D., Supriyati, Y., & Suseno, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 143–156. Khairani, F., Senen, A., & Kamil, N. (2020). The Effectiveness of Convertible Book Media based on Scientific Approach Viewed from Students’ Critical Thinking Skill. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–10. https://doi.org/10.1145/3452144.3452291 Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212–218. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104 Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai dengan Kurikulum 2013. Kata Pena. Kyriazis, A., Psycharis, S., & Korres, K. (2009). Discovery Learning and the Computational Experiment in Higher Mathematics and Science Education: A combined approach.nternational Journal of Emerging Technologies in Learning, 4(4), 25–34. https://doi.org/10.3991/ijet.v4i4.1044 Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/ article/download/5813/2659 Paramita, A. A. E. P., Rati, N. W., & Sudatha, I. G. W. (2020). Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 175. Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367 Putri, E. W., & Ranu, M. E. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientifik Approach pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Semester Genap Kelas XI di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(2), 73–80. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.ph p/JPAPUNESA/article/view/28122/25726 Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Profit, 6(1), 1–16. Sari, K. D., & Pradita, A. P. (2018). Implementasi model pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Spreadsheet Pada Materi Hukum Ohm Untuk Meningkatkan HOTS Pada Peserta Didik. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 116– 122. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/ar ticle/view/12487 Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17–2 Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Wartono, Takaria, J., Batlolona, J. R., Grusche, S., Hudha, M. N., & Jayanti, Y. M. (2018). Inquiry- Discovery Empowering High Order Thinking Skills and Scientific Literacy on Substance Pressure Topic. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 139–151. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2629 Wati, D. K., Yusuf, A., & Mulyono, S. E. (2020). The Influence of Collaboration of Discovery Learning and ARIAS on Students’ Critical Thinking Abilities. Journal of Primary Education, 8(6), 334–341. Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran pendidikan berbasis. Equilibrium, 7(2), 137–141 Widyantini, T. (2013). Penyusun Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai bahan ajar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. Yuliyanti. (2018). Implementasi Model Discovery Learning Higher-Order Thinking Skills. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 228–232. Yulistia, A. (2019). Scientific based approach pictorial storybook for eliciting creative thinking and collaborative skills. Jurnal Prima Edukasia, 7(2), 172-181. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i2.16297 Yulistia, A, Syafrudin, Ulwan. (2022). Implementasi Dongeng Sains dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Elementary : jurnal ilmiah pendidikan dasar, Vol. 8(1), p. 41-50, doi: https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.