Mengembangkan Desain Didaktis Berdasarkan Hambatan Belajar dan Learning Trajectory Siswa pada Konsep Dasar Pecahan di Sekolah Dasar

Mimi Hariyani, Tatang Herman, Didi Suryadi, Sufyani Prabawanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain didaktis rekomendasi untuk mengatasi hambatan belajar siswa pada konsep dasar pecahan di sekolah dasar. Subjek penelitian melibatkan 20 orang siswa kelas III dan 30 orang siswa kelas V di 2 sekolah dasar di kota Bandung, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa penelitian dengan desain didaktis melalui tiga tahapan analisis, yaitu: analisis prospektif, analisis metapedadidaktik dan analisis retrospektif, dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes. Teknik tes dilakukan dengan memberikan soal-soal materi pecahan untuk mengetahui hambatan belajar siswa, sedangkan nontes berupa analisis video pembelajaran dan wawancara. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, desain didaktis yang telah dirancang mampu mengatasi beberapa hambatan belajar siswa. Secara umum, kerangka desain didaktis dapat dipertahankan dengan beberapa perubahan seperti mengurangi kegiatan yang memiliki tujuan serupa, pemilihan penggunaan kosa kata agar lebih dimengerti siswa serta memperluas prediksi dan antisipasi respon siswa. Dengan demikian, tindak lanjut dari penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki bentuk instrumen dan rancangan bahan ajar sehingga akan lebih memfasilitasi siswa dalam memahami konsep dasar pecahan.

Keywords

desain didaktis, hambatan belajar, pecahan

References

Aliustaoğlu, F., Tuna, A., & Biber, A. Ç. (2018). Misconceptions of Sixth Grade Secondary School Students on Fractions. 10(5), 591–599. https://doi.org/10.26822/iejee.2018541308 Ariguntar, Y. K. dan P. (2018). Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas III Tema 5 (C. Tulalesi (ed.); Edisi Revi). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Avgerinou, V. A., & Tolmie, A. (2020). Inhibition and cognitive load in fractions and decimals. British Journal of Educational Psychology, 90(S1), 240–256. https://doi.org/10.1111/bjep.12321 Bintara, I. A., Herman, T., & Hasanah, A. (2020). Didactical Design Realistic Mathematics Education Based on Green Mathematics in Direct & Indirect Proportions Concept at Junior High School. 3(April), 555–560. Braithwaite, D. W., Pyke, A. A., & Siegler, R. S. (2017). Computational Model of Fraction Arithmetic Braithwaite, D. W., Pyke, A. A., & Siegler, R. S. (in press). A computational model of fraction arithmetic. 2016. Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. Kluwer Academic Publishers. Dewi Adharini, T. H. (2021). Didactical design of vectors in mathematics to develop creative thinking ability and self- confidence of Year 10 students Didactical design of vectors in mathematics to develop creative thinking ability and self-confidence of Year 10 students. Journal of Physics : Conference Series, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012089 Dogan-Coskun, S. (2019). The Analysis of the Problems Posed by Pre-service Elementary Teachers for the Addition of Fractions. International Journal of Instruction, 12(1), 1517–1532. Erlin Ladyawati. (2015). Didactical Design of Fraction Concept for Elementary School Students. İskenderoğlu, T. A. (2017). The problems posed and models employed by primary school teachers in subtraction with fractions. 12(5), 239–250. https://doi.org/10.5897/ERR2016.3089 Jones, J. C. (2012). Visualizing Elementary and Middle School Mathematics Methods (C. Johnson (ed.)). Wiley Visualizing. Lu, C., Rosjanuardi, R., & Jupri, A. (2020). Didactical Design on Drawing and Analysing Trigonometric Functions Graph through a Unit Circle Approach. 15(3). Lynda, R. (2019). Conceptual Versus Procedural Approaches to Ordering Fractions. 7(1). NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics (J. Carpenter (ed.); first). The national Council of Teachers of Nathematics, Inc. Nicolaou, A. A., & Pitta-pantazi, D. (2014). Hierarchical Levels of Abilities that Constitute Fraction Understanding at Elementary School. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9603-4 Nur, E., Abdul, D., Lidinillah, M., Upi, P., Tasikmalaya, K., Dunkin, M., & Pembelajaran, R. P. (2006). Model Desain Didaktis Pengurangan Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar. 537–547. P S Agustin, E Nur’aeni, O H Pranata, I. F. A. (2021). The rectangle circumference didactical design based on singing , playing , analyzing , discussing , The rectangle circumference didactical design based on singing , playing , analyzing , discussing , evaluating ( SPADE ). 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012099 Romdhani, W., & Suryadi, D. (2017). Desain Didaktis Konsep Pecahan Untuk Kelas III Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 198. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5142 Rudi, R., Suryadi, D., & Rosjanuardi, R. (2020). Teachers ’ Perception as a Crucial Component in the Design of Didactical Design Research-Based Teacher Professional Learning Community in Indonesia. 9(3), 642–654. Siegler, R. S. (2018). Do Children Understand Fraction Addition? Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya (Aya Shofia Maulida (ed.); Cetakan Pe). Gapura Press. Suryana, Y., Pranata, O. H., & Apriani, I. F. (2012). Sederhana Pada Pembelajaran Matematika. November, 978–979.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.