Validitas Buku Saku Digital Muatan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Lima Sekolah Dasar berbantuan Aplikasi Android

Mirnawati Mirnawati, Sulfasyah Sulfasyah, Rahmawati Rahmawati

Abstract

Pandemi COVID-19 mendorong para praktisi dan peneliti secara global untuk berinovasi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan buku saku digital berbasis android untuk mata pelajaran bahasa Indonesia kelas lima sekolah dasar. Aspek yang dilaporkan dalam artikel ini adalah hasil validitas buku saku digital yang dinilai berdasarkan aspek media dan materi. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket dengan menggunakan instrumen lembar validasi berdasarkan skala likert. Empat validator dilibatkan, terdiri atas tiga orang dosen ahli dan satu orang praktisi pendidikan dengan latar belakang yang relevan dengan bidang yang diteliti. Data hasil validasi ahli dianalisis menggunakan teori dan persamaan Gregory dan dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu validitas tinggi, validitas sedang, dan validitas rendah. Analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien validitas isi pada aspek media adalah 0,9 dan 0,8 pada aspek materi. Nilai koefisien tersebut berada pada kategori validitas tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku saku digital yang dikembangkan berbantuan aplikasi android dinyatakan valid dan layak digunakan.

Keywords

Validitas, Buku Saku Digital, Aplikasi Android.

References

Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya. Amirrachman, A. 2020. Covid-19 Ubah Lanskap Pendidikan, Munculkan Trend Baru. Accessed https://ibtimes.id/covid19-ubah-lanskap-pendidikan-munculkantrend-baru/. Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Asmarani, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Berbasis Android. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/9243/ Dewi, W, A, F,. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Impelemetasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 2 (55-61). Farahnabilla, G. A. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Berbantuan Appypie Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 2017(1), 1–9. Firdaus, H. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Mobile Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Bagi Siswa Kelas X TKJ di SMKN 1 Sidayu Gresik. ITEdu: Jurnal Information Technology and Education, 3(02), 121- 138. Firman. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Jurnal BIOMA, Vol 2(1). Hardianto, D. (2005). Telaah Kritis Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam IlmiahPembelajaran.Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Mip/Article/View/5984 Pembelajaran. Majalah. Kota Makassar. (2020). Peraturan Walikota Makassar Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Psbb Di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Miraz Fadhillah Nadiroh, S., & Susilo Wibowo, J. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas Xi Perbankan Syariah Di Smk Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 6(3), 355–359. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpak/Article/View/26325 Nurmala R, Izzatin, M., & Mucti, A. (2019). Desain Pengembangan Buku Saku Digital Matematika Smp Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Edukasia : Jurnal Pendidikan, 6(2), 4–17. Http://Jurnal.Borneo.Ac.Id/Index.Php/Edukasia/Index. Nursyahidah, F. (1989). Penelitian Pengembangan. Research And Development Vs Development Research, 1–27. Oktiana, G. D. (2015). Keefektifan Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Golo Yogyakarta. 1–27. Pranata Dkk. (2013). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung Bahan Ajar Pada Materi Pph Pasal 21. Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android, 1–5. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpak/Article/View/17965 Retnawati, H. (2017). Validitas, Reliabilitas & Karakteristik Butir (Ed. 2). Yogyakarta : Parama Publishing. Ruslan.(2009). Validitas isi.Buletin Pa’biritta No.10.tahun VI September 2009. Sadikin, A & Hamidah, A. (2020). “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(2):214–24. Sugiono, D. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi) (Ed. 4). Jakarta: Pt GramediaPustaka Utama. Sari, Mustika, dkk. (2020). Analisis Pembelajaran Di Era Pandemik (Covid-19) Pada Program Pendidikan Biologi PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi komunikasi, Vol 5 (1). Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Rajawali Pers. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta Bandung. Syahroni, M., Nurrochmah, S., & Amiq, F. (2016). Pengembangan buku saku elektronik berbasis android tentang signal-signal wasit futsal untuk wasit futsal di kabupaten pasuruan.Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(2), 304-317. Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children : A Sourcebook. Bloomington : Indiana University.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.