Penerapan Reward dan Punishment dalam Pendidikan Karater di Sekolah Dasar

Toefur Toefur, Eliyanto Eliyanto, Sardjiyo Wiyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter berbasis reward and punisment di Sekolah Dasar Negeri Tepakyang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa, guru, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pada tahap perencanaan sudah dilakukan sesuai dengan kode etik sekolah meskipun di masa pandemi seperti ini dan penerapan reward dan punismnet sudah tercantum dalam buku rapat oleh notulen; tahap pelaksanaan, telah dilaksanakan dengan lancar, baik di proses pembelajaran, pembiasaan  sekolah, ektrakurikuler, kegiatan sehari-hari; dan tahap ketiga, evaluasi pendidikan karakter dilaksankan untuk mengetahui kemajuan hasil belajar siswa, mengetahui kekurangan dan kelebihan desain guru mengajar, dan mengetahui tingkat efektifitas proses pembelajaran anak.

Keywords

Pendidikan karakter, Reward, Punishment, Sekolah dasar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.