Analisis Problematika Pembelajaran Online di MI Attaqwa 11 Bekasi

Chrisnaji Banindra Yudha, Dyah Anungrat Herzamzam, Sri Awan Asri

Abstract

Pembelajaran online dilaksanakkan untuk mengurangi dan menekan kasus covid-19, dalam proses pembelajarannya menggunakan media pembelajaran online. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan problematika pembelajaran online di MI Attaqwa 11 Bekasi tentang (1) sarana dan prasarana pembelajaran, (2) kendala pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran, dan (3) Keterampilan dalam mengoperasikan sarana pembelajaran online oleh Guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digali dari penelitian ini adalah dua guru yang mengajar di kelas IV dan siswa sebanyak tiga puluh.  Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pada proses pengumpulan data, dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun Hasil penelitian yang diperoleh adalah sarana prasarana pembelajaran online sangat minim, dalam satu keluarga memiliki satu perangkat smartphone untuk dua sampai tiga anggota keluarga dalam proses pembelajaran online, kuota yang diberikan pemerintah belum mampu digunakan dengan baik, ada juga siswa maupun orang tua yang tidak memiliki smartphone sebagai sarana pembelajaran online. Terkait dengan pemanfaatan smartphone, guru dan siswa sebagian besar belum familiar dengan penggunaan Google classroom dan Zoom, sehingga proses pembelajaran belum mampu ditransfer dengan baik. Keterampilan guru dalam mengoperasikan sarana pembelajaran online, sebagian besar guru masih dalam proses beradaptasi dalam teknologi, sehingga membutuhkan pelatihan untuk mengoperasikannya. kesimpulnnya adalah minimnya sarana prasarana pembelajaran online, guru belum mampu menggunakan Google classroom dan Zoom, dan sebagian besar guru belum familiar dalam mengoperasikan sarana pembelejaran online serta memerlukan pelatihan.

Keywords

Mathematics, Elementary School, Online learning

References

bdul Muqsith, M. K., & Zainiyati, H. S. (2021). Studi Komparasi Penggunaan WhatsApp dan Schoology Terhadap Hasil Belajar Di Masa Darurat. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 57. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1033 Amalia, S. R., & Puwaningsih, D. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Web Course Berbantuan Google Classroom, Whatsapp Group Terhadap Pemahaman Konsep. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 917. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3009 Amlin, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Media Google Classroom dan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa Kelas XII Busana 2 SMK Negeri 3 Baubau. Jurnal Paedagogy, 8(3), 431. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3907 Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do social features help in video-centric online learning platforms? A social presence perspective. Computers in Human Behavior, 113, 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505 Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988 Bakhtiyar, M. A. (2017). Promoting Blended Learning in Vocabulary Teaching Through. Nidhomul Haq:, 2(2), 106–112. Bhimani, N. T. (2020). Google Classroom platform for Physiology teaching in Medical College. Al Ameen Journal of Medical Sciences, 14(3), 295–303. Endah Yuliani, & Romadhiyana Kisno Saputri. (2021). Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom dan Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 238–243. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.934 Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075 Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070 Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511 Harahap, H. S., Hrp, N. A., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1133–1143. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/index He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. (2014). Online is education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 101–105. Holland, A. A. (2019). Effective principles of informal online learning design: A theory-building metasynthesis of qualitative research. Computers and Education, 128, 214–226. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.026 Huda, M., Maseleno, A., Teh, K. S. M., Don, A. G., Basiron, B., Jasmi, K. A., … Ahmad, R. (2018). Understanding Modern Learning Environment (MLE) in big data era. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(5), 71–85. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i05.8042 Hussein, E., Daoud, S., Alrabaiah, H., & Badawi, R. (2020). Exploring undergraduate students’ attitudes towards emergency online learning during COVID-19: A case from the UAE. Children and Youth Services Review, 119, 105699. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105699 Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2021). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031 Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671 Kkese, E. (2020). McGurk effect and audiovisual speech perception in students with learning disabilities exposed to online teaching during the COVID-19 pandemic. Medical Hypotheses, 144(August), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233 Lage-Cal, S., Folgueras-Díaz, M. B., Alonso-Hidalgo, M., García-Menéndez, D., & Fernández-García, F. J. (2020). Investigation of the effectiveness of online learning tools for energy performance certificates preparation. Energy Reports, 6(xxxx), 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034 Listikova, A. V., Egorov, E. E., Lebedeva, T. E., Bulganina, S. V., & Prokhorova, M. P. (2020). Research of the Best Practices of Artificial Intelligence in the Formation and Development of Personnel. In Lecture Notes in Networks and Systems (Vol. 73). https://doi.org/10.1007/978-3-030-15160-7_137 Marharjono, M. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56–63. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.155 Mubarak, M. R., Wahdah, N., Ilmiani, A. M., & Hamidah, H. (2020). Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif dalam Pembelajaran Maharah Kalam di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19). Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 211. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1445 Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298 Neo, M., Park, H., Lee, M. J., Soh, J. Y., & Oh, J. Y. (2015). Technology acceptance of healthcare e-learning modules: A study of Korean and malaysian students’ perceptions. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(2), 181–194. Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211 Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R., & Sindhi, S. (2018). Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications. Journal of Global Information Technology Management, 21(4), 233–241. https://doi.org/10.1080/1097198X.2018.1542262 Panigrahi, R., Srivastava, P. R., & Sharma, D. (2018). Online learning: Adoption, continuance, and learning outcome—A review of literature. International Journal of Information Management, 43(May), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.05.005 Pratama, H., & Yusro, A. C. (2016). Implementasi WhatsApp Mobile Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pokok Bahasan Pengenalan Komponen Elektronika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 65. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i2.696 Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 139–147. Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460 Rahayu, A. D. dan M. S. H. (2021). Sarana dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, No. 1(Sarana pembelajaran daring), 186–199. Sahelatua, L. V. dan M. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media It Dalam Pembelajaran Di Sdn 1 Pagar Air Aceh Besar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131–140. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/8579/3601 Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005 Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta Williams, A., Birch, E., & Hancock, P. (2012). The impact of online lecture recordings on student performance. Australasian Journal of Educational Technology, 28(2), 199–213. https://doi.org/10.14742/ajet.869 Yudha, C. B., Zulela, & Handayani, T. (2021). Learning in Networks During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.