Meninjau Efek Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Keterampilan Proses Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Sains: Sebuah Meta-Analisis

Dian Tauhidah, Ndzani Latifatur Rofi'ah, Widi Cahya Adi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meninjau efek pembelajaran inkuiri terbimbing pada keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif meta-analisis dengan sampel terpilih sebanyak 13 artikel pada jurnal terakreditasi nasional. Pemilihan artikel didasarkan pada beberapa kriteria kelayakan: (1) harus memiliki nilai mean dan standar deviasi; (2) subjek siswa SD, SMP, dan SMA; (3) pelaksanaan pada pembelajaran sains. Variabel meta-analisis yang digunakan adalah jenjang sekolah (SD, SMP, dan SMA) dan mata pelajaran (IPA, Fisika, dan Biologi). Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa penggunaan inkuiri terbimbing paling berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada jenjang SMA, sedangkan dari subjek mata pelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terbesar pada keterampilan proses sains di mata pelajaran fisika. Namun baik dari jenjang pendidikan maupun mata pelajaran keseluruhannya menunjukan pengaruh yang positif dari inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains. Hasil penelitian dapat diterapkan pada pembelajaran dengan permasalahan serupa yaitu terkait keterampilan proses sains peserta didik.

Keywords

inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; meta analisis; pembelajaran sains

References

Alhudaya, M. T., Hidayat, A., & Koeshandayanto, S. (2018). Pengaruh Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Optik Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1398–1404. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11747/5566

Amirudin, M. F. (2019). Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.723

Chabalengula, V. M., & Mumba, F. (2015). Promoting biological knowledge generation using model-based inquiry instruction. International Journal Of Biology Education, 2(1), 1–24. http://dergipark.gov.tr/ijobed/issue/8523/105884

Cigrik, E., & Ozkan, M. (2015). The Investigation of The Effect of Visiting Science Center on Scientific Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 1312–1316. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.405

Deta, U. A., Suparmi, & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 28–34. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2577

Fakayode, S. O., Yakubu, M., Adeyeye, O. M., Pollard, D. A., & Mohammed, A. K. (2014). Promoting Undergraduate STEM Education at a Historically Black College and University through Research Experience. Journal of Chemical Education, 91(5), 662–665. https://doi.org/10.1021/ed400482b

Gilmore, J., Vieyra, M., Timmerman, B., Feldon, D., & Maher, M. (2015). The Relationship between Undergraduate Research Participation and Subsequent Research Performance of Early Career STEM Graduate Students. The Journal of Higher Education, 86(6), 834–863. https://doi.org/10.1080/00221546.2015.11777386

Hartini, R. F., Ibrohim, & Qohar, A. (2018). Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains melalui Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan, 3(9), 1168–1173. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11531

Hernandez, P. R., Woodcock, A., Estrada, M., & Schultz, P. W. (2018). Undergraduate Research Experiences Broaden Diversity in the Scientific Workforce. BioScience, 68(3), 204–211. https://doi.org/10.1093/biosci/bix163

Ilma, S., Al-Muhdhar, M. H. I., Rohman, F., & Saptasari, M. (2020). The correlation between science process skills and biology cognitive learning outcome of senior high school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10794

Irwanto, Rohaeti, E., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Undergraduate students’ science process skills in terms of some variables: A perspective from Indonesia. Journal of Baltic Science Education, 17(5), 751–764. https://doi.org/10.33225/jbse/18.17.751

Kirschner, P. A., Sweller, J., & Clark, R. E. (2006). Why Minimal Guidance During Instruction Does Not Work: An Analysis of the Failure of Constructivist, Discovery, Problem-Based, Experiential, and Inquiry-Based Teaching. Educational Psychologist, 41(2), 75–86. https://doi.org/10.1207/s15326985ep4102_1

Koksal, E. A., & Berberoglu, G. (2014). The Effect of Guided-Inquiry Instruction on 6th Grade Turkish Students’ Achievement, Science Process Skills, and Attitudes Toward Science. International Journal of Science Education, 36(1), 66–78. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.721942

Kumala, F. N., & Setiawan, D. A. (2022). Perangkat Pembelajaran Inkuiri Berbasis Teknologi Bagi Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(1), 8–16.

Linn, M. C., Palmer, E., Baranger, A., Gerard, E., & Stone, E. (2015). Undergraduate research experiences: Impacts and opportunities. Science, 347(6222). https://doi.org/10.1126/science.1261757

Mandasari, F., Iwan, I., & Damopolii, I. (2021). The relationship between science process skills and biology learning outcome. Journal of Research in Instructional, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.30862/jri.v1i1.9

McGill, B. M., Foster, M. J., Pruitt, A. N., Thomas, S. G., Arsenault, E. R., Hanschu, J., Wahwahsuck, K., Cortez, E., Zarek, K., Loecke, T. D., & Burgin, A. J. (2021). You are welcome here: A practical guide to diversity, equity, and inclusion for undergraduates embarking on an ecological research experience. Ecology and Evolution, 11(8), 3636–3645. https://doi.org/10.1002/ece3.7321

Parwati, N. N. (2019). Adaptasi Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Senama PGRI, 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.3445646

Patole, S. (2021). Principles and Practice of Systematic Reviews and Meta-Analysis. Springer International Publishing.

Pujiningrum, L., & Admoko, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Materi Getaran Harmonik di MAN Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 06(03), 203–208.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2082/pdf

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rizqa, A., Harjono, A., & Wahyudi, W. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Post Organizer. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 243. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3133

Rokhmatika, S., & Prayitno, B. A. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Kooperatif Jigsaw Terhadap Keterampilan Proses the Influence of Guided Inquiry Combined Cooperative. Pendidikan Biologi, 4(2), 72–83.

Sabahiyah, Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Kelas V Gugus 03 Wanasaba Lombok Timur. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2).

Schmid, C. H., White, I., & Stijnen, T. (2020). Handbook of Meta-Analysis. CRC Press.

Sudarwati, Rudibyani, R. B., & Perdana, R. (2020). A Conceptual of Teaching Models Inquiry Social Complexity (ISC). Journal of Xi’an University of Architecture & Technology, XII(V), 1710–1715. https://doi.org/10.37896/jxat12.05/1572

Sulistiyono. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Kerja Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 59–64. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.69

Sulistiyono. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa MA Riyadhus Solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.27826

Suwandari, P. K., Taufik, M., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 82–89. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.541

Suyitno. (2016). Improving Students" Science Process Skill and Achievement through Experiential Learning: Biodiesel Production Suyitno. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online): 2319-7064 , 5(9), 140–145. https://doi.org/10.21275/ART20161508

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 110–116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253

Wulaningsih, S., Prayitno, B. A., & Probosari, R. M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Science Process Skills Viewed From Student ’ S Academic. Pendidikan Biologi, 4(2), 33–43. https://doi.org/10.1161/RES.0b013e31821e0b53

Yennita, Sukmawati, M., & Zulirfan. (2012). Hambatan Pelaksanaan Praktikum Ipa Fisika Yang Dihadapi Guru SMP Negeri Di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–11.

Yulaikhah, S., Alfindasari, D., & Adawiyah, R. (2015). Integrasi Scientific Inquiry Dengan Kompetensi Profesional Guru Biologi Pada Pembelajaran Biologi di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang, 550–560.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.