Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Picture and Picture pada Siswa SMP Negeri 6 Kebumen

Kurnia Nawangsih

Abstract

Pembelajaran pada dasarnya harus aktif bukan pasif, sehingga keaktifan guru dan siswa sangat diperlukan. Keaktifan siswa dalam pembelajaran erat kaitannya dengan hasil belajar siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar melalui model picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IX D dan guru IPS SMP Negeri 6 Kebumen yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan angket, Berdasarkan hasil penelitian, bahwa model pembelajaran Kooperatif picture and picture mampu meningkatkan keaktifan belajar dengan peningkatan sebanyak 25% dan hasil belajar siswa dengan ketercapaian pembelajaran 25% meningkat pada Siklus I meningkat menjadi 46% dan Siklus II atau tindakan akhir atau Siklus II meningkat menjadi 75%. Penelitian ini menjadi alternative peningkatan keatifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model picture and picture di setiap jenjang pendidikan.

Keywords

picture and picture, keaktifan, hasil belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.