Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Narrative Text Melalui Model Group Investigation pada Siswa SMP Negeri 1 Bantarsari

Mulyana Mulyana

Abstract

Penelitian tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman narrative text melalui penerapan model group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan penerapan selama dua siklus. Setiap siklus dilakukan empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bantasari, tepatnya pada siswa kelas IX A. Jumlah partisipan dalam peneltiian ini yaitu 29 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman narrative text siswa semakin meningkat setelah diterapkan model pembelajaran group investigation di kelas. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal mencapai 79,33% (23 siswa) pada siklus I dan meningkat menjadi 89,66% (26 siswa) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model group investigation dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman narrative text. Penelitian ini dapat menjadi alternative peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks naratif siswa dengan menerapkan model group investigation di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, ataupun sekolah menengah atas.

Keywords

group investigation, kemampuan membaca pemahaman, narrative text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.