Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa

Halimatus Sa'diyah

Abstract

Pembelajaran IPS dirancang menggunakan media film dokumenter dengan mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal setempat sebagai landasan dalam mengembangkan rancangan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan alam siswa berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal adat istiadat, yakni Suku Baduy. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan karakter peduli lingkungan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain nonequivalent Pretest dan Posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII. 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan melalui penggunaan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif berbantuan statistika deskriptif untuk menggambarkan karakter awal dan karakter akhir siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Sedangkan uji peningkatan karakter peduli lingkungan (N-Gain) digunakan untuk mengetahui peningkatan karakter peduli lingkungan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film dokumenter dengan mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal Suku Baduy dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa yang lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint multidesain.

Keywords

media film dokumenter, kearifan lokal, Suku Baduy, karakter peduli lingkungan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.