Analisis Pola Pembelajaran, Instrumen, Karakteristik, serta Peluang dan Tantangan Pembelajaran Menulis Kolaborasi

Rif'at Shafwatul Anam, Udan Kusmawan, Heri Saputra

Abstract

Menulis merupakan keterampilan utama yang perlu dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran, menulis juga adalah bagian tersulit yang dialami dalam lingkungan akademik mulai dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi, terlebih yang dilakukan secara berkolaborasi. Artikel ini bertujuan untuk mendapatkan pola pembelajaran kolaborasi menulis yang optimal; bagian penting dari instrumen yang perlu diperhatikan; karakteristik pembelajaran dari kolaborasi menulis; dan peluang dan tantangan dari penggunaan media online dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis pada sepuluh artikel yang bertemakan pembelajaran kolaborasi yang berasal dari jurnal Internasional bereputasi yang terbit dari tahun 2018 sampai 2021. Artikel-artikel tersebut dianalisis sesuai dengan empat tujuan yang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pola pembelajaran dimulai dari tahap persiapan, kerja sama kelompok, berbagi lintas kelompok, dan refleksi; instrumen yang dikembangkan perlu memperhatikan konstruksi pembelajaran yang terjadi, proses interaksi dalam proses pembelajaran, serta keterlibatan aspek sosial dan kognitifnya; karakteristik pola interkasi dalam pembelajaran terdapat 4 (empat) kuadran; peluang dan tantangan dari media online menjadi bagian penting yang perlu dipertimbangkan dalam pengunaannya karena dari masing-masing tipe media memiliki kelebihan dan kelemahan. Tulisan ini dapat menjadi referensi dalam melakukan dan menganalisis kegiatan menulis kolaboratif.

Keywords

kolaborasi, menulis, pembelajaran

Refbacks

  • There are currently no refbacks.