Nilai Karakter Berdasarkan Keteladanan K.H. Ahmad Dahlan

Nana Sutarna, Nika Cahyati, Tio Heriyana, Delia Anggraeni, Indri Ayu Lestari

Abstract

K.H Ahmad Dahlan merupakan  tokoh yang menjadi teladan, salah satu keteladanan yang dapat ditiru adalah dalam penanaman karakter sehingga dapat membantu penanaman karakter pada siswa. Tujuan penelitian ini agar dapat mendeskripsikan keteladanan yang diajarkan oleh K.H. Ahmad Dahlan pada anak usia 6-8 tahun di SD Aisiyah Kabupaten Kuningan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif denggan jenis penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah pada siswa SD usia 6-8 Tahun di SD Aisiyah Kabupaten Kuningan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian melalui teknik observasi dan wawancara serta didukung oleh dokumentasi beberapa kegiatan ini menunjukan bahwa terdapat beberapa nilai-nilai karakter K.H Amad Dahlan yang di tanamkan, hasiil penelitian menunjukan  terdapat 4 nilai karakter dan keteladanan yang ditanamkan pada anak usia 6-8 Tahun oleh SD Aisiyah Kabupaten Kuningan, yaitu nilai religuis, nasionalis, Jujur dan integritas.

Keywords

karakter; keteladanan; K.H. Ahmad Dahlan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.