Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Siswa SD Kelas Bawah Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Sofie Putri Ardillani, Murfiah Dewi Wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai perkembangan sosial-emosional peserta didik SD Kelas Bawah pada saat pembelajaran, di luar pembelajaran, serta bagaimana upaya guru dalam mengembangkan sosial-emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun objek penelitian ini yaitu siswa kelas 1 SD dan guru atau wali kelas di kelas 1. Hasil dari analisis perkembangan sosial-emosional peserta didik SD kelas bawah yaitu pertama, didalam pembelajaran yang telah tercapai diantaranya siswa kelas bawah dapat memperlihatkan perilaku keterlibatan dalam pembelajaran, sikap mau berbagi, komunikasi dengan bahasa yang baik dan berinteraksi dengan teman sekelasnya, dapat menempatkan diri dengan kelompok belajar, menunjukkan sikap percaya diri. Kedua, di luar pembelajaran yang telah tercapai yaitu memiliki rasa empati, peserta didik mempunyai inisiatif dalam melakukan kebaikan, siswa menunjukkan perilaku membantu sesama teman ketika teman yang lain memerlukan pertolongan, tidak memaksakan kehendak sendiri, dapat menyelesaikan masalah pada saat bermain dengan teman, mampu mengolah emosi diri sendiri saat bermain, membina hubungan yang baik dengan temannya. Ketiga upaya guru dalam mengembangkan sosial-emosional peserta didik yaitu menumbuhkan interaksi perkembangan sosial-emosional di dalam dan di luar kelas yang baik terhadap siswa, memberikan contoh sikap maupun perkataan yang baik sebagai figur yang akan dicontoh, memberikan stimulasi berupa bimbingan, untuk mendorong ketercapaian perkembangan sosial-emosional.

Keywords

analisis, perkembangan sosial-emosional, siswa sekolah dasar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.