Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Project Based Learning Pada Matakuliah Metodologi Penelitian di Era Pandemi Covid-19

Lina Arifah Fitriyah, Nur Hayati, Nindha Ayu Berlianti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model project based learning (PjBL) dalam perkuliahan metodologi penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan rancangan one grup pretest postest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian menyatakan ada perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model project based learning (PjBL) berdasarkan rata-rata hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari nilai pretest hingga posttest dan nilai t hitung lebih besar nilai t tabel. Dengan demikian, pembelajaran PjBL dapat direkomendasikan untuk dapat diimplementasikan pada perkuliahan lainnya karena pembelajaran ini dapat mendidik dan memotivasi terhadap tugas akademik untuk bisa care, self-efficacy, dan responsibility.

Keywords

hasil belajar, metodologi penelitian, project based learning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.