Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Project Based Learning Pada Matakuliah Metodologi Penelitian di Era Pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model project based learning (PjBL) dalam perkuliahan metodologi penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan rancangan one grup pretest postest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian menyatakan ada perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model project based learning (PjBL) berdasarkan rata-rata hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari nilai pretest hingga posttest dan nilai t hitung lebih besar nilai t tabel. Dengan demikian, pembelajaran PjBL dapat direkomendasikan untuk dapat diimplementasikan pada perkuliahan lainnya karena pembelajaran ini dapat mendidik dan memotivasi terhadap tugas akademik untuk bisa care, self-efficacy, dan responsibility.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.