Kemampuan TPACK Calon Guru Fisika dalam Pembelajaran Fisika Eksperimen berpendekatan Online STEM

Desy Kumala Sari, Richard Samuel Waremra, Pri Ariadi Cahya Dinata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan TPACK calon guru fisika setelah mengikuti pembelajaran Fisika Eksperimen menggunakan pendekatan online STEM. Responden penelitian yang terlibat adalah mahasiswa calon guru fisika yang mengikuti program matakuliah fisika eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desian one group pretest-posttest. Data penelitian diperoleh melalui angket TPACK-STEM yang diberikan diawal dan akhir pembelajaran. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis simpangan baku ideal (SBi) dan gain standar. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan TPACK-STEM mahasiswa calon guru fisika sebelum penerapan pembelajaran online-STEM yakni dari skor 50.25 dengan kriteria “Cukup” menjadi 64 yang berada pada kategori “Sangat Baik”. selain itu, juga terdapat pengaruh penerapan pembelajaran online-STEM dalam pembelajaran Fisika eksperimen dengan nilai gain 0.4 yang berada pada kategori “sedang”. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih kreatif dalam pemberian tugas proyek dalam pembelajaran online-STEM.

Keywords

Fisika eksperimen, online, STEM, TPACK

Refbacks

  • There are currently no refbacks.