Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Prodi PGSD UNIKAMA

Cicilia Ika Rahayu Nita, Farida Nur Kumala, Nyamik Rahayu Sesanti, Arief Rahman Hakim, Andika Gutama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada mahasiswa PGSD Unikama. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Responden dari penelitian ini adalah 13 dosen, 386 mahasiswa dan 17 mitra prodi yang berada pada lingkungan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik analiisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan prodi PGSD UNIKAMA telah menerapkan program MBKM dengan mengacu pada 6 BKP, mahasiswa dan dosen telah mengetahui program MBKM. Implementasi Progra MBKM menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan IKU  dan CPL sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus mahasiswa PGSD UNIKAMA. Oleh sebab itu penting bagi prodi untuk melakukan peninjauan kurikulum secara berkala untuk mengakaji kurikulum yang telah dilaksanakan dengan pengintegrasian program MBKM.

Keywords

MBKM, Capaian Pembelajaran Lulusan, IKU

References

Fatah, A. (2021, August). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra dalam Pelaksanaan Magang pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 282-290). Haris, A., Elly, M. I., & Tjahjaningsih, Y. S. (2021). The Effectiveness of" Freedom of Learning- Independent Campus" Program on Panca Marga University. Praniti Wiranegara (Journal on Research Innovation and Development in Higher Education), 1(1), 26-39. Rohiyatussakinah, I. (2021). Implementation of MBKM and the Relationship of Curriculum Policy based on a Case of EFL Education in Japan. Journal of English Language Teaching and Literature (JELTL), 4(2), 39-50. Sleman. In RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences (Vol. 1, No. 3, pp. 411-418). Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. Susilawati, C. D. K., Tin, S., & Suteja, B. R. (2021). Implementation of MBKM Continuously in humanities social studies program at uk maranatha. Tallar, R. Y., Malinda, M., Pattipawaej, O., & HAS, P. M. (2021). Gibah (internal initiative Movement program for grants): a viable implementation of mbkm program in science major at universitas kristen maranatha. Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Zuhrohtun, Z., Heriningsih, S., Sunaryo, K., & Sriyono, S. (2021, October). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Collaboration with BUMDes Sari Dewi, Maguwoharjo, Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2021). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6307-6317.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.