Best Practice Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Nuri Aprilia Muharoni, Erwin Rahayu Saputra, Dian Indihadi

Abstract

Sebagai calon guru pengajar di SD terdapat kemampuan lain yang juga harus dimiliki dan dikuasai yakni melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakannya. Guru itu sendiri harus mengkaji bagaimana dirinya mengajar, menemukan masalah yang mungkin dihadapinya selama proses pembelajaran, serta mencari solusi dari setiap masalah yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti pada praktik mengajar mata pelajaran bahasa Inggris di SD sebagai bagian dari proses pelaksanaan mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah peneliti hanya memaparkan secara detail laporan refleksi setelah tindakan dilakukan, dan belum memaparkan secara detail terkait refleksi sebelum tindakan dilakukan. Implikasi dari penelitian ini, yaitu akan mengasah kepekaan guru dalam mengelola berbagai macam hal yang terjadi di kelas serta melatih kemampuan meningkatkan kualitas pembelajaran agar hasil akhir yang diinginkan dapat dicapai. Melalui kegiatan refleksi pribadi, saya sebagai calon guru telah menunjukkan melalui tindakan praktik nyata pada proses persiapan dari awal sampai akhir pembelajaran. Oleh karena itu, refleksi terhadap perencanaan sebelum pembelajaran itu harus dilakukan supaya saat pembelajaran di kelas dapat mengembangkan keterampilan mengajar, salah satunya melalui kegiatan praktik mengajar langsung di lapangan (sekolah) menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai calon guru untuk membangun kompetensi dan kualifikasi sebagai pendidik yang profesional.

Keywords

Practice, Mengajar, English

Refbacks

  • There are currently no refbacks.