Literasi Spasial Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar

Nana Sutarna, Enok Maryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi spasial mahasiswa, penelitian dilakukan di STKIP Muhammadiyah Kuningan dengan melibatkan 160 mahasiswa pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kecerdasan spasial merupakan suatu komponen yang penting dikembangkan dalam pembelajaran dimana dapat melatih keterampilan pengambilan keputusan ketika menghadapi permasalahan di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey dengan skala likert. Adapun analisis data yang dilakukan adalah menggunakan persentase data, kemudian menginterpretasi skor persentase dan melakukan analisis mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi spasial mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar di STKIP Muhammadiyah Kuningan berkategori tinggi, hal itu didapatkan dari skor persentase literasi spasial tersebut yang berjumlah 78,73 %. Berdasarkan kategori tersebut maka tingkat literasi spasial mahasiswa memiliki kategori tinggi. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi peneliti lain dalam menganalisis dan mengembangkan literasi spasial mahasiswa dalam pembelajaran di perguruan tinggi guna mendukung sistem belajar yang dapat meningkatkan literasi spasial mahasiswa.

Keywords

Literasi Spasial, mahasiswa, guru sekolah dasar

References

Aliman, M., & Mutia, T. (2018). INTEGRITAS KEBANGSAAN DALAM TES BERPIKIR SPASIAL Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional dalam Sosiologi Pendidikan View project the influence of geography learning and spatial intelligence on environmental awareness View project.

Aliman, M., Ulfi, T., Lukman, S., Hi Muhammad, H., Negeri, S., Geografi, P., Kie Raha Ternate, S., & Bumi Hijrah Tidore, U. (4 C.E.). Konstruksi Tes Kemampuan Berpikir Spasial Model Sharpe-Huynh. Georafflesia, 1.

Apecawati, L. D. (2015). Hubungan Kecerdasan Visual Spasial Dengan Kemampuan Menggambarkan Bentuk Molekul. Jurnal.Untan.Ac.Id, 2008, 1–11.

Artiningsih, A., Nugroho, P., Perdana, S. A. J., & Khairunisa, M. U. (2019). Mapping community environmental sanitation issue using household spatial cognition: A case of Bulu Lor Subdistrict, Semarang, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 313(1).

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Gardner, H. E. (2000). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century (Kindle Edi). Amazon.com Services LLC.

Islamiati, Wahab Abdi, A., & Desfandi, M. (n.d.). TINGKAT KECERDASAN SPASIAL SISWA SMPIT AL-AZHAR BANDA ACEH. Jurnal Pendidikan Geosfer, 11(1), 1–10.

Maryani, E., & Maharani, W. (2015). Peningkatan Spatial Literacy Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 15, 46–54.

Mayalagu, G., Jaafar, M., & Kuok Choy, L. (2018). Validity of Module Geographic Information System-Spatial Thinking Skills (GIS-STS). International Journal of Engineering & Technology, 1(1).

Murtafi’ah, W., & Masfingatin, T. (2015). Proses Berpikir Mahasiswa dengan Kemampuan Spatial Intellegent Tinggi dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 133–148.

Ningsih, S. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Interpesonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional (Studi Kasus di TK Al-Akhyar Purwakarta Kelompok B). Tunas Siliwangi, 2(No.1), 30–47. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/307/228

Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru SD. Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 228–240

Santrock, J. W. (2007). Child Development (8th ed.). McGraw-Hill.

Setiani, Y., & Rafianti, D. I. (2018). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Literasi Kuantitatif Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan, 3(1).

Setiani, Y. (2018). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Literasi Kuantitatif Mahasiswa Calon Guru Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 38–46. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12258.g7946

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Urfan, F. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kecerdasan Spasial Peserta Didik Melalui Affordance Dan Geo-Literacy Menggunakan Analisis Jalur. Jurnal Pendidikan, 4(2).

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Tarbiyah, Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.