Peran Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19

Puji Rahmawati, Sukma Wijayanto, Aditia Eska Wardana, Septiyati Purwandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam menanamkan karakter religius siswa di SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan dan SD Muhammadiyah Alternatif Kota Magelang pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan orang tua siswa yang bersekolah di SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan Magelang dan SD Muhammadiyah Alternatif Kota Magelang sejumlah 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan penting dalam penanaman karakter religius siswa selama masa pandemic covid-19 melalui kegiatan pembiasaan, sebagai seorang motivator, pengawas sekaligus pemberi keteladanan langsung kepada anak sehingga mampu memberikan gambaran kepada orang tua bagaimana cara menanamkan karakter religius pada anak selama masa pandemic covid-19.

Keywords

peran orang tua, karakter religius, siswa sekolah dasar, dan masa pandemi covid-19.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33.

Anisa, M. N., Ade, W., & Nia, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak SD di Zaman Serba Digital (pp. 35–48).

Creswell, J. W. (2014). The Selection of a Research Approach. In Research Design. https://doi.org/45593:01

Cheung, C. S. S., & Pomerantz, E. M. (2012). Why does parents’ involvement enhance children’s achievement? The role of parent-oriented motivation. Journal of Educational Psychology, 104(3), 820–832. https://doi.org/10.1037/a0027183

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176–189. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Peta Jalan Penguatan Pendidikan Karakter (pp. 1–16).

Miles, M., & Huberman, A. (1994). Miles and Huberman Chapter 2. In Qualitative Data Analysis.

Muhsin, A. (2017). Upaya Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Dusun Sumbersuko Desa Plososari Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(02), 123–150. https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i02.174

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Novita, L., Hastuti, D., & Herawati, T. (2015). Pengaruh Iklim Keluarga Dan Keteladanan Orang Tua Terhadap Karakter Remaja Perdesaan. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8622

Patall, E. A., Cooper, H., & Robinson, J. C. (2008). Parent involvement in homework: A research synthesis. Review of Educational Research, 78(4), 1039–1101. https://doi.org/10.3102/0034654308325185

Patrikakou, E. (2015). Relationships among Parents, Students, and Teachers: The Technology Wild Card. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2253–2258. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.883

Saripah, I. (2016). Peran Orang Tua dan Keteladanan Guru Dalam Meningkatkan Muru Pendidikan Akhlak Siswa MI (pp. 19–30).

Silahuddin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry, 3(2), 18–41.

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. In Jurnal Pendidikan Karakter: Vol. I (Issue 1, pp. 47–58). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sukarno, Sularmi, Suharno, A. S. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar: Kajian Praksis. 5, 1–23.

Swandar, R. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul. In Laporan Penelitian.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Vasquez, A. C., Patall, E. A., Fong, C. J., Corrigan, A. S., & Pine, L. (2016). Parent Autonomy Support, Academic Achievement, and Psychosocial Functioning: a Meta-analysis of Research. Educational Psychology Review, 28(3), 605–644. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9329-z

Wijayanto, S., Handani, D. F., Wardana, A. E., & Hajron, K. H. (2020). Aktivitas di Sekolah Diliburkan saat Pendemi Covid-19: Bagaimana Pembelajaran yang Dilakukan? Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 124–133. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4461

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Zurqoni, Retnawati, H., Arlinwibowo, J., & Apino, E. (2018). Strategy and implementation of character education in senior high schools and vocational high schools. Journal of Social Studies Education Research, 9(3), 370–397. https://doi.org/10.17499/jsser.01008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.