Perangkat Pembelajaran Inkuiri Berbasis Teknologi Bagi Mahasiswa PGSD

Farida Nur Kumala, Dwi Agus Setiawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis teknologi bagi mahasiswa PGSD. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Impelementation, Evaluation). Subyek adalah 40 mahasiswa PGSD Unikama, ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan dosen pengampu matakuliah. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik pengumpulan data angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuatitatif deskriptif. Hasil penelitian perangkat yang dikembangkan adalah media pembelajaran, bahan ajar dan RPS. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan masuk pada kategori sangat layak dan sangat praktis. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi.

Keywords

inkuiri, teknologi pembelajaran, pembelajaran IPA, berpikir kritis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.